Home » Fitur, Terbaru, Tips Wirausaha » Tips Wirausaha: Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat

Tips Wirausaha: Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat   

tips-wirausaha-franchiseApabila anda berencana untuk membeli bisnis waralaba atau franchise sebagai pilihan wirausaha, sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih bisnis ini agar tidak menemui kegagalan di masa mendatang. Usaha franchise memang sedang menjadi primadona dan tumbuh bak jamur di musim hujan. Menurut data di Amerika usaha franchise berkembang hingga 90 %. Berbeda jauh dengan di Indonesia yang hanya memiliki peluang sukses sebesar 60%. Oleh karena itu perlu dilakukan pengamatan lebih lanjut sebelum anda memutuskan untuk membeli bisnis ini.

Sebelum membeli franchise, pastikan franchise tersebut sudah sukses terlebih dahulu. Sukses tidaknya dapat dilihat dari neraca keuangan rugi laba. Anda juga dapat melihat pelanggan yang selalu mengantri untuk membeli produk tersebut.

Selain itu, keunikan juga merupakan faktor penting dalam memilih bisnis ini. Keunikan ini dapat menjadi daya tarik bagi customer. Keunikan suatu franchise dapat terlihat dari produk maupun layanannya. Misalnya saja burger dengan bahan ketela akan berbeda dengan burger yang biasanya berbahan keju dan sebagainya.

Sebuah bisnis waralaba yang baik tentunya memiliki SOP (standar operating procedure) yang baik pula, perhatikan bagian ini dengan seksama.

Berdialoglah dengan pembeli waralaba lainnya untuk mendapatkan informasi yang objektif mengenai kemungkinan mendapatkan data seputar penjualan dan kemungkinan keuntungan yang bisa didapat. Bila terdapat mantan franchise dari usaha ini sebaiknya perlu bertanya sebab-sebab pemutusan hubungan.

Struktur organisasi yang solid akan membuat perusahaan bertahan lama. Stuktur organisasi dan staff yang bekerja secara kompak merupakan cermin dari perusahaan kompak. Oleh karena itu, ada baiknya anda juga mengetahui struktur organisasi yang terdapat di dalamnya karena bila struktur organisasi dan staffnya tidak kompak lalu bagaimana bisa perusahaan dapat mengayomi para mitranya dengan baik?

Jangan ragu untuk membandingkan franchise pilihan anda dengan usaha sejenis atau kompetitornya. Siapa tahu kompetitor franchise yang anda pilih jauh lebih baik.

Tidak ada salahnya untuk meminta saran dari konsultan franchise dan ahlinya. Pendapat ahli ini sangat membantu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Perhatikan juga tanggung jawab franchise tersebut kepada mitranya. Apakah perusahaan tersebut akan membimbing mitranya hingga berhasil dan sebagainya.

Sesuaikan juga dana yang ada dengan franchise yang akan anda beli. Saat ini tersedia banyak pilihan usaha franchise dengan harga yang bervariasi.

Apabila sudah mendapatkan bisnis yang cocok segeralah mulai usaha anda. Janganlah ditunda- tunda lagi. Demikian tips wirausaha kali ini, semoga bermanfaat!

The following two tabs change content below.

Desi Rahmatia