Home » Terbaru, Tips Wirausaha » Tips Wirausaha: Melihat Kekuatan dan Kelemahan Gaya Kepemimpinan Dalam Bisnis

Tips Wirausaha: Melihat Kekuatan dan Kelemahan Gaya Kepemimpinan Dalam Bisnis   

Photo courtesy of www.drukkerijlannoo.be

Photo courtesy of www.drukkerijlannoo.be

Tiap-tiap kita adalah pemimpin bagi diri kita masing-masing, kita lahir untuk menjadi pemimpin bagi kehidupan kita dan oleh karena itu masing-masing dari kita mempunyai gaya kepemimpinan tersendiri.

Kewirausahaan adalah juga tentang kepemimpinan, tapi bukan khusus untuk memimpin diri kita sendiri melainkan lebih kepada memimpin seluruh keadaan di sekitar kita untuk menjadi hal yang menghasilkan nilai lebih dari yang ada sekarang, dan terlebih lagi adalah untuk memimpin sebuah team yang terdiri dari berbagai gaya kepemimpinan.

Pada dasarnya ada 4 inti gaya kepemimpinan dari tiap-tiap orang dan untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari sebuah team, maka kita harus menyeimbangkan ke-4 gaya kepemimpinan tersebut dan juga menyediakan tempat untuk menghargai perbedaan gaya kepemimpinan tersebut.

Mari kita lihat kekuatan dan kelemahan dari gaya-gaya kepemimpinan tersebut:

1. Konduktor
Pemimpin dengan gaya ini adalah mereka yang terarah dengan rasa keterdesakan dan fokus pada hasil. Konduktor ingin menang, dan seringkali membuat keputusan dengan cepat untuk mendapatkan hasil yang kompetitif.

Kekuatan: Kekuatan utama dari pemimpin seperti ini adalah pada penghargaannya pada ide-ide baru dan juga tidak takut pada konfrontasi dan mereka dijamin untuk bisa menyelesaikan semua pekerjaannya.

Kelemahan: Konduktor dikenal sebagai kepribadian yang keras atau egois, kedua hal ini membuat mereka tidaksabaran dan bisa mengarah kepada pengambilan keputusan yang impulsif, mereka perlu menyadari bahwa tidak semua orang dapat mengikuti tahapan mereka.

2. Influencer
Jika anda melihat seorang yang selalu optimis, bisa memotivasi orang-orang dan dekat dengan orang-orang disekitarnya, maka anda mempunyai seorang influencer dalam team anda.

kekuatan: Tipe pemimpin seperti ini sangat antusias dan terhubung dengan orang sekitar, mereka senang membantu orang dan memiliki kemampuan alami untuk melakukannya.

Kelemahan: Influencer dapat terlalu bertele-tele dan mempunyai masalah untuk tetap fokus, mereka juga bisa menjadi tidak teratur dan mudah diarahkan oleh hal lain, influencer perlu waspada terhadap hubungan dan ketakutan supaya mereka dapat membuat keputusan terbaik.

3. Supporter
Stabil dan tak dapat diganggu, supporter cenderung menjadi seperti lem yang merekatkan team anda, mereka sangat setia pada sekitar mereka, sabar dan dapat diandalkan.

Kekuatan: Mereka adalah tipe orang yang dapat membuat lingkungan anda tenang dan mantap.

Kelemahan: Karena sifat mereka yang tidak suka konfrontasi, supporter akan menghindari situasi yang beresiko, mereka enggan untuk menghadapinya dan tindakan yang mereka ambil biasanya adalah untuk menundanya dan ini bukanlah hal yang baik untuk perkembangan kepemimpinannya.

4. Analyzer
Pintar dan analitis dengan kegemaran untuk mengikuti aturan adalah mereka dengan gaya kepemimpinan analyzer. Mereka sangat berorientasi pada detail dan selalu menjamin akurasi serta kualitas.

Kekuatan: Mereka biasanya lebih lambat dari tipe yang lain tapi pekerjaan mereka diselesaikan dengan sangat baik.

Kelemahan: Analyzer seringkali terjebak dengan kesempurnaan mereka, karena mereka ingin semua sempurna, mereka punya ketakutan pada kesalahan atau kritik. Analyzer perlu disadarkan dari pemikiran mereka yang terlalu dalam dan diarahkan kepada tindakan.

Setiap gaya kepemimpinan saling melengkapi satu sama lain dalam sebuah team, berikan posisi pekerjaan yang sesuai kemudian seimbangkan dan berikan penghargaan pada masing-masing gaya tersebut dan kita akan dapatkan suatu alur kepemimpinan bisnis yang terbaik.

The following two tabs change content below.

Gladwyn Cornelis

Leave a Reply